Tuesday, September 06, 2011

zodiak-lambang bintang

 

Cerita Di Balik Lambang Bintang

Capricorn
 
Menurut mitologi bangsa Yunani, kambing yang dijadikan lambang zodiak ini memang kambing betulan. Namanya Amaltheus. Kambing ini pernah memberikan air susunya kepada dewa Zeus, ketika dewa tertinggi bangsa Yunani kuno ini masih bayi, dan berada dalam gua disembunyikan ibunya sebab takut dimakan bapaknya yang ganas bernama Chronoos. Kerana jasanya ini, kambing ini lalu diangkat ke langit, dibekali cahaya. Dan jadilah bintang.

Aquarius

Dilambangkan oleh seorang pemuda kacak yang sedang menuang air dari tempayan besar. Dia ialah yang bernama Ganimedes, pelayan paling setia dewa Zeus. Tugasnya memang membawakan minuman dewa paling agung bangsa Yunani itu.

Pisces
 
Dilambangkan dengan dua ekor ikan. Kedua ekor ikan ini telah berjasa membawa dewi Venus (dewi kecantikan) dan dewa Mars (dewa perang) ke sungai Eufrat, waktu mereka di kejar oleh Typhon.

Aries

Dilambangkan oleh seekor bebiri. Bebiri ini bukan sembarang biri-biri. Biri-biri ini berbulu emas. Ia dikorbankan kepada dewa tertinggi sebagai persembahan, ternyata dewa Zeus senang menerimanya. Dan ia pun dijadikan bintang.

Taurus 

Dilambangkan oleh kerbau jantan. Taurus berasal dari kata Taureau yang ertinya kerbau jantan. kerbau ini adalah jelmaan dari dewa Zeus (Yupiter). Konon menurut ceritanya dewa Zeus paling suka sama gadis-gadis cantik. Ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak isterinya. Maka, ketika ia melihat kecantikan puteri Eropa, yang cantiknya tiada tara, dengan kesaktian nya ia mengubah dirinya menjadi kerbau jantan agar dapat menculik puteri Eropa.
 


Gemini 

Dilambangkan dengan sepasang dua anak kembar. Mereka adalah putera dari dewa Zeus. Kedua anak kembar ini bernama Castor dan Polux.




zodiak-lambang bintang pada badan wanita

Cancer

Dilambangkan oleh ketam. Merupakan jelmaan ular bernama Hydra. Ular ini di kirim oleh Yuno, untuk melawan Hercules (pemuda yang dikenal kuat dan gagah berani). Ular yang di kirim oleh Yuno ini ternyata sangat beracun dan mempunyai banyak kepala. Apabila kepalanya ditebas oleh Hercules maka akan tumbuh lagi. Hercules dengan cerdiknya, membakar leher ular itu. Maka habislah riwayat sang ular. Kemudian ular itu dijadikan bintang. Membunuh ular adalah salah satu dari 12 tugas Hercules yang sangat berat.

Leo

Dilambangkan oleh singa. Singa ini merupakan salah satu dari 12 tugas Hercules yang sangat terkenal. Singa ini merupakan singa yang paling ganas yang harus ditaklukkannya.

Virgo

Lambangnya adalah seorang putri yang sangat cantik. Putri ini adalah jelmaan putri Astrea yang hidup di zaman emas. Pada waktu itu ia turun dari langit ke bumi. Tetapi ia tak tinggal di bumi, karena tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi. Maka ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang. Orang Yunani membagi zaman ini menjadi 4, yaitu zaman emas, perak, perunggu dan besi

Libra

Dilambangkan dengan neraca atau timbangan. Merupakan simbol dari keadilan. Puteri yang menguasai keadilan adalah puteri Justicia. Asal-usulnya tidak diketahui secara pasti.



 Scorpio 

Lambangnya adalah kalajengking. Mempunyai asal-usul yang sangat menarik. Yaitu, terjadi cinta segi 4 (bukan cinta 3 segi lagi). Antara Orion ( pemuda yang tampan), Diana (dewi bulan), Venus (dewi kecantikan) dan Aurora (dewi fajar). Kerana ketampanan Orion, ia dicintai 3 puteri cantik sekaligus. Karena cemburu kepada kedua pesaing nya, Diana mengirim kalajengking kepada Orion. Kalajengking itu menggigitnya hingga mati. Diana menyesal atas perbuatannya. Dan memohon kepada dewa Zeus agar Orion dijadikan bintang. Kerana ia tidak bersalah, maka dewa Zeus mengangkatnya menjadi bintang dalam gugusan bintang scorpio.

 

 Sagitarius 

Lambangnya adalah makhluk berbadan kuda, berkepala manusia yang sedang memanah. Makhluk ini diberi nama Centaurus. Sebetulnya Centaurus adalah mutan, musuh para dewa dan manusia. kecuali Centaurus bernama Chyron adalah sahabat serta guru para dewa dan manusia. ia mengajarkan cara menggunakan senjata dan memanah dengan baik. Kerana jasa inilah, ia diangkat menjadi bintang.

 

 

 

 

kamarudin2u-bintang kesayangan hamba

 

 

 

No comments:

Post a Comment